Selasa, 20 Maret 2012

Tugas IBD - Kasih Sayang

Makna Kasih Sayang

Kata kasih dan sayang itu mengandung pengertian yang sangat luas. Dan yang pasti setiap insan manusia perlu tahu dan mengerti apa makna kasih sayang yang sebenarnya, sekaligus memilikinya di dalam sanubari. Seseorang akan terlanda kekeringan jiwa jika hidup tanpa memiliki kasih maupun sayang. Apapun yang terjadi, pasti dia akan selalu ingin dicintai sekaligus mencintai orang lain. Dari pertama kali lahir di dunia sampai ajal menjemput.

Yang dimaksud dengan kasih dan sayang di sini bukan sekedar hubungan cinta atau asmara antara seorang laki-laki dan perempuan saja. Namun lebih bersifat universal. Sehingga hal ini bisa terjadi terhadap sahabat, saudara, keluarga, dan lain-lain. Dan yang perlu ditekankan adalah, bahwa kasih dan sayang yang tulus itu selalu punya sifat yang ikhlas dan lebih banyak memberi daripada menerima. Kepentingan diri sendiri sering dinomor duakan demi memberi kebahagiaan pada orang yang dikasih dan disayanginya.

Kekuatan Dari Kasih dan Sayang

Kasih, sayang dan cinta. Itu semua adalah anugrah dari Tuhanyang diberikan kepada kita semua. Tujuannya untuk menciptakan kehidupan damai di dunia agar selalu diliputi dengan ketentraman. Untuk itulah setiap orang perlu mengerti makna kasih sayang agar bisa saling menghargai kepribadian dari orang lain, meski dia punya perbedaan dengan kita.

Karena dari sinilah akan tercipta keharmonisan yang aman serta penuh kemesraan. Setelah itu akan muncul daya cipta yang terwujud dalam bentuk cinta, baik cinta kepada sesama manusia, lingkungan dan Sang Maha Pencipta, yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

Menciptakan Rasa Kasih dan Sayang Dalam Keluarga

Agar di dalam suatu keluarga bisa tercipta rasa saling sayang dan mengasihi, maka masing-masing anggota keluarga harus selalu berusaha menciptakan kebahagiaan bagi anggota keluarga yang lain. Ibu memberi rasa kasih sayang pada bapak dan anaknya, kemudian bapak mencurahkan semua perhatian pada istri dan keturunannya. Sedangkan anak bisa memberikan rasa cinta dan hormatnya pada kedua orang tuanya.
Hal ini akan menyuburkan perasaan saling terikat antara satu dan yang lain dan menjadi kesatuan yang tak terpisahkan. Apa yang menjadi kesedihan bagi salah satu anggota keluarga, maka akan menjadi kesedihan bagi semuanya. Demikian pula bila ada yang mendapat kebahagiaan, maka semua bisa ikut merasakan kebahagiaan yang menjadi milik bersama itu.

Ini semua bisa terlaksana bila setiap anggota keluarga, terutama pihak orang tua bisa menjadi contoh dan teladan yang baik bagi anaknya. Karena sang anak sejak dia lahir selalu ikut orang tua, maka secara mental dia juga menjadikan orang tuanya sebagai panutan dalam menjalani hidupnya.

Orang tua yang baik dan mengerti akan makna kasih sayang pasti akan megajari anaknya tentang bagaimana cara mengasihi dan menghormati anggota keluarganya dan orang lain dalam hidup bermasyarakat. Dan yang tidak kalah penting adalah juga selalu berusaha menghilangkan rasa benci dan dendam bila terjadi permasalah di antara mereka.

Hidup akan terasa indah bila kita selalu diliputi dengan saling mencinta, saling memberi kasih dan saling menyayangi tanpa memandang perbedaan baik itu warna kulit, agama, kehidupan sosial, ekonomi dan lain-lain.

Sumber : http://www.anneahira.com/makna-kasih-sayang.htm

Contoh Artikel Tentang Kasih Sayang

Suatu hari, seorang anak lelaki miskin yang hidup dari menjual asongan dari pintu ke pintu, menemukan bahwa dikantongnya hanya tersisa beberapa sen uangnya, dan dia sangat lapar.
 
Anak lelaki tersebut memutuskan untuk meminta makanan dari rumah berikutnya. Akan tetapi anak itu kehilangan keberanian saat seorang wanita muda membuka pintu rumah. Anak itu tidak jadi meminta makanan, ia hanya berani meminta segelas air. Wanita muda tersebut melihat, dan berpikir bahwa anak lelaki tersebut pastilah lapar, oleh karena itu ia membawakan segelas besar susu. Anak lelaki itu meminumnya dengan lambat, dan kemudian bertanya, “berapa saya harus membayar untuk segelas besar susu ini ?” Wanita itu menjawab: “Kamu tidak perlu membayar apapun”. “Ibu kami mengajarkan untuk tidak menerima bayaran untuk kebaikan” kata wanita itu menambahkan. Anak lelaki itu kemudian menghabiskan susunya dan berkata :” Dari dalam hatiku aku berterima kasih pada anda.”
 
Sekian tahun kemudian, wanita muda tersebut mengalami sakit yang sangat kritis. Para dokter di kota itu sudah tidak sanggup menanganinya. Mereka akhirnya mengirimnya ke kota besar, dimana terdapat dokter spesialis yang mampu menangani penyakit langka tersebut. Dr. Howard Kelly dipanggil untuk melakukan pemeriksaan. Pada saat ia mendengar nama kota asal si wanita tersebut, terbersit seberkas pancaran aneh pada mata dokter Kelly. Segera ia bangkit dan bergegas turun melalui hall rumah sakit, menuju kamar si wanita tersebut.
 
Dengan berpakaian jubah kedokteran ia menemui si wanita itu. Ia langsung mengenali wanita itu pada sekali pandang. Ia kemudian kembali ke ruang konsultasi dan memutuskan untuk melakukan upaya terbaik untuk menyelamatkan nyawa wanita itu. Mulai hari itu, Ia selalu memberikan perhatian khusus pada kasus wanita itu. Setelah melalui perjuangan yang panjang, akhirnya diperoleh kemenangan.. . Wanita itu sembuh !!. Dr. Kelly meminta bagian keuangan rumah sakit untuk mengirimkan seluruh tagihan biaya pengobatan kepadanya untuk persetujuan.
 
Dr. Kelly melihatnya, dan menuliskan sesuatu pada pojok atas lembar tagihan, dan kemudian mengirimkannya ke kamar pasien. Wanita itu takut untuk membuka tagihan tersebut, ia sangat yakin bahwa ia tak akan mampu membayar tagihan tersebut walaupun harus dicicil seumur hidupnya.

Sumber : http://cupid-devil.blogspot.com/2009/02/artikel-renungan-kasih-sayang.html 


Pendapat Pribadi

Kasih Sayang, jika kita mendengar kalimat tersebut pasti terbesit dalam pikiran kita bahwa  sifat tersebut adalah sifat yang sangat mulia. Karena, dalam kondisi tersebut kita saling menyayangi dan mengasihi dengan orang tua, sahabat, saudara, dan orang-orang terdekat kita. Sebenarnya pengertian kasih sayang itu sangat luas, dan pastinya definisi kasih sayang bagi setiap orang berbeda-beda. Bagi anak muda, kasih sayang itu harus kita tunjukkan dengan bukti nyata kepada kekasihnya. Namun, mereka lupa bahwa prioritas utama yang harus kita kasihi dan sayangi adalah kedua orang tua kita. Karena, berkat mereka lah kita mempelajari sifat yang mulia ini.

Contoh dari artikel di atas pun menunjukkan bagaimana, orang yang belum saling kenal bisa memberikan kasih sayang mereka pada orang yang memang membutuhkan. Dari artikel di atas, terlihat bagaimana seorang wanita yang dapat merasakan kesedihan anak miskin yang kelaparan. Dan dia mau membantu anak tersebut dengan memberikan segelas susu. Berkat kasih sayang yang wanita tunjukkan itu, akhirnya dia dibantu oleh seorang dokter untuk menyembuhkan penyakit yang mematikan itu. Itulah hasil dari seseorang yang saling menyayangi dan mengasihi dengan orang lain walaupun mereka belum kenal satu sama lain.

Memang sudah sepantasnya kita sebagai manusia harus bisa saling mengasihi dan menyayangi setiap orang yang kita kenal maupun tidak. Karena dengan kasih sayang itu banyak hal-hal positif yang bisa kita dapatkan. Misalnya, kita bisa mengenal lebih banyak orang, terhindar dari permusuhan dengan orang lain, dan masih banyak lagi hal-hal positif yang bisa kita dapatkan.

Jadi, kembali lagi pada hakikatnya bahwa kasih sayang adalah suatu sifat yang dimana harus dimiliki oleh semua orang. Karena, tanpa adanya kasih sayang maka kehidupan kita akan terasa hampa. Sebab, kita tidak akan bisa menjalin relasi dengan orang lain. Dan pastinya akan banyak perpecahan yang terjadi jika kita tidak bisa saling menyayangi satu sama lain. Oleh karena itu, kita harus melestarikan sifat kasih sayang ini kepada anak-cucu kita. Agar kehidupan mereka kelak akan menjadi kehidupan yang penuh dengan kedamaian dan jauh dari perpecahan antar individu.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan anda berkomentar, tapi tetap jaga nilai kesopanan ya dengan tidak melakukan komentar spam